ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUL MASAKIN KECAMATAN PRAYA TIMU TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINIER

E L I S, S A F I T R I (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK KELAS XI MADRASAH ALIYAH DARUL MASAKIN KECAMATAN PRAYA TIMU TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINIER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELIS SAFITRI (E1R115010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita, mendeskripsikan tingkat persentase kesalahan ditinjau dari jenis kesalahan peserta didik menurut indikator Newman dalam menyelesaikan soal cerita dan mengetahui faktor penyebab kesalahan peserta didik ditinjau dari jenis kesalahan indikator Newman kelas XI MA Darul Masakin tahun pelajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan soal cerita materi program linier. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara kemudian dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan pedoman analisis kesalahan menurut Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik terjadi pada semua tahapan yang dikemukakan oleh Newman. Pada tahap Reading Errors persentase kesalahan peserta didik adalah 8,69% dengan tingkat kesalahan sangat rendah, pada tahap comprehension Errors kesalahan peserta didik adalah 57,97% dengan tingkat kesalahan sedang, pada tahap transformation Errors persentase kesalahan peserta didik adalah 27.53% dengan tingkat kesalahan rendah, pada tahap Process Skill Errors dengan persentase kesalahan peserta didik adalah dengan kategori tinggi, dan pada tahap Encoding Errors persentase kesalahan peserta didik adalah dengan kategori sangat tinggi. Faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan pada setiap tahapan Newman adalah peserta didik tergesa-gesa, kurang teliti, kurang memahami langkah yang digunakan, lupa tentang materi prasyarat baik sifat, dan prosedur pengerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Program Linier, Indikator Kesalahan Newman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:44
Last Modified: 27 Aug 2020 02:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16843

Actions (login required)

View Item View Item