PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

Ulnita, - (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ULNITA - E1R015068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah adalah mata pelajaran matematika dengan tujuan agar peserta didik mampu memahami konsep matematika dan tepat dalam pemecahan masalah. Namun, faktanya hasil belajar matematika peserta didik masih belum tuntas secara klasikal. Hal ini merupakan implikasidari kondisi aktifitas saat pembelajaran berlangsung yang menunjukkan ada peserta didik yang memiliki keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri atau disebut efikasi diri dan motivasi belajarnya yang rendah. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar matematika kelas XI IPA SMAN 6 Mataram baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian expost-facto. Dalam pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh dimana semua populasi sebagai sampel yakni berjumlah 122 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan nontes yakni berupa angket efikasi diri dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh efikasi diri yang signifikan terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 0,593 dengan model regresi ̂dan nilai thitung= 8,058 > ttabel= 1,9801 (2) terdapat pengaruh motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 0,472 dengan model regresi ̂dan diperoleh nilai thitung= 5,866> ttabel= 1,9801 (3) terdapat pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 0,626 dengan model regresi ̂dan diperoleh nilai Fhitungdengan Fhitung= 38,259 > Ftabel= 3,07 serta kontribusi yang diberikan oleh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika yakni sebesar 39,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efikasi diri, Motivasi belajar, Hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:54
Last Modified: 11 Sep 2020 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16870

Actions (login required)

View Item View Item