KONSTRUKSI GENDER PEREMPUAN KELAS MENENGAH DALAM PILIHAN PRODUK-PRODUK KESEHATAN DI PERUMAHAN LINGKAR PRATAMA KOTA MATARAM

PUTRI, ANGGUN NURRAHMI AMALIA (2020) KONSTRUKSI GENDER PEREMPUAN KELAS MENENGAH DALAM PILIHAN PRODUK-PRODUK KESEHATAN DI PERUMAHAN LINGKAR PRATAMA KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Putri Revisi Ujian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Konstruksi Gender Perempuan Kelas Menengah Dalam Pilihan Produk-Produk Kesehatan di Perumahan Lingkar Pratama Kota Mataram ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi gender bagi perempuan kelas menengah di Perumahan Lingkar Pratama mengenai pilihan produk-produk kesehatan, untuk mengetahui makna perubahan status sosial perempuan kelas menengah setelah menggunakan produk-produk kesehatan di Perumahan Lingkar Pratama dan untuk mengetahui pandangan perempuan kelas biasa mengenai pemakaian produk-produk kesehatan yang digunakan oleh perempuan kelas menengah di Perumahan Lingkar Pratama tersebut. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini ialah teori Konstruksi Sosial yang dikemukakan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian, konstruksi gender yang ada di kalangan perempuan kelas menengah yang tinggal di Perumahan Lingkar Pratama sangatlah kuat, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya perempuan-perempuan kelas menengah yang memiliki dan menggunakan berbagai macam produk-produk kesehatan dan kecantikan di rumah mereka. Kemudian terbentuklah tiga momen dialektika yaitu Objektivasi, Internalisasi dan Eksternalisasi. Perempuan kelas menengah memaknai perubahan status sosial bahwa setelah menggunakan produk-produk tersebut mereka mengalami peningkatan kepercayaan diri dalam bersosialisasi di lingkungan sosialnya, mengalami perubahan penampilan serta perubahan pendapatan yang menjadi bertambah. Kemudian perempuan kelas biasa memandang perempuan kelas menengah dalam menggunakan produk-produk kesehatan tersebut, yaitu dimana mereka menganggap wajar melihat bagaimana kehidupan serta gaya hidup perempuan kelas menengah yang tinggal di Perumahan Lingkar Pratama Kota Mataram tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Konstruksi Sosial, Gender, Perempuan Kelas Menengah, Produk-Produk Kesehatan.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2020 08:29
Last Modified: 14 Sep 2020 08:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17062

Actions (login required)

View Item View Item