Pendekatan molekuler dalam pembelajaran Keanekaragaman Hayati

Mahrus, Mahrus (2013) Pendekatan molekuler dalam pembelajaran Keanekaragaman Hayati. Pendekatan molekuler dalam pembelajaran Keanekaragaman Hayati. ISSN 97 8- 602- 17 458-9-2 (Unpublished)

[img] Text
Pendekatan-ProsNas Maret 2013.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pengelompokanmahluk hidupsebagian besar didasarkan pada ciri morfologi sedangkaninformasi molekuler sangat sedikit yang didapatkan sehingga pemahaman mahasiswa terhadap suatu organisme tidak komprehensif. Paper ini berlujuan untuk menguraikan pentingnya pembelajaran keanekaragar.r.ran hayati rnenggunakan pendekatan molekuler. Masih banyak ditemukan kekeliruan di dalam pengelompokan rnahluk hidup seperti nama spesies dengan varian seringkali keduanya diterjemahkan sama padahal sangat berbeda. Persoalan ini akan terjawab jika ciri-ciri molekuler oragisme ifli telah ditemukan secara tepat dan mantap, dan dapat dipefianggungjawabkan secara ilmiah. Penggunaan pendekatan yang benar dan sesuai dalarn studi molekuler adalah sangat penting untuk mendapatkan hasil yang akurat. Salah satu pendekatan didalam mempelajari adanya polimorfisrne pada suatu populasi berdasarkan mobilitas band-band enzinl adalah pendekatan molekuler dengan menggunakan metode elektroforesis. Selain itu, penggunaann infblmasi yang diakses pada GeneBank (www.ncbi.nm.nih.gov) sangat membantu didalam mempelajari keragaman genetik dari suatu mahluk hidup.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Keanekaragaman Genetik, Molekuler, Elektroforesis
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Drs. H Mahrus, M.Si
Date Deposited: 10 Sep 2020 08:24
Last Modified: 10 Sep 2020 08:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17069

Actions (login required)

View Item View Item