PENGARUH RASIO TEPUNG SAGU DAN TEPUNG UBI JALAR UNGU TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SIFAT SENSORIS KUE BANGKIT KHAS LOMBOK

Baiq, Wulanda Dermawani (2020) PENGARUH RASIO TEPUNG SAGU DAN TEPUNG UBI JALAR UNGU TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SIFAT SENSORIS KUE BANGKIT KHAS LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WULANDA REVISI UJIAN (Koreksi Final Pak Dody_1 Sept 2020) fix-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh dari rasio tepung sagu dan tepung ubi jalar ungu terhadap kadar air, kadar abu, aktivitas antioksidan, total antosianin, dan sifat sensoris kue bangkit. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yang terdiri dari 6 taraf rasio penggunaan tepung sagu : tepung ubi jalar ungu yaitu K0=100% : 0%, K1=90% : 10% , K2=80% : 20% , K3=70% : 30% , K4=60% : 40% dan K5=50% : 50% dengan 3 kali pengulangan. Data hasil pengamatan dianalisis keragaman (Analysis of Variance) dengan taraf nyata 5%. Apabila terdapat perbedaan nyata dilakukan uji lanjut Polynomial Orthogonal (MOP) dan uji Duncan. Adapun parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah kadar air, kadar abu, nilai warna (ºHue), aktivitas antioksidan, dan total antosianin serta parameter sensori meliputi tekstur, warna, aroma, dan rasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan aktivitas antioksian kue bangkit. Semakin tinggi rasio penggunaan tepung ubi jalar ungu, maka aktivitas antioksidan kue bangkit semakin meningkat. Ditinjau dari nilai aktivitas antioksidan dan sifat sensoris, maka perlakuan K5 (50% tepung ubi jalar ungu : 50% tepung sagu) merupakan perlakuan dengan aktivitas antioksidan tertinggi (77,40%) dan hasil uji sensoris menunjukkan bahwa panelis dapat menerima kue bangkit tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: antioksidan, antosianin, kue bangkit, ubi jalar ungu, sagu.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:17
Last Modified: 16 Sep 2020 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/17120

Actions (login required)

View Item View Item