Peran Perempuan Pengrajin Tenun Dalam Menjalankan Fungsi Ekonomi Keluarga di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah

Lusi, Apriana (2020) Peran Perempuan Pengrajin Tenun Dalam Menjalankan Fungsi Ekonomi Keluarga di Desa Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lusi Apriana (L1C016054).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran domestik dan peran publik yang dijalankan oleh perempuan pengrajin tenun di Desa Sukarara dan makna perempuan pengrajin tenun dalam menjalankan fungsi ekonomi keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 10 (Sepuluh) orang. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduk si data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan memiliki peran ganda yaitu peran pada sektor domestik (ibu rumah tangga) dan sektor publik, yaitu sebagai perempuan pengrajin tenun. Perempuan masih menjadi pengrajin tenun dari dulu sampai sekarang dipengaruhi oleh tindakan masa lalu (Because Motive), sehingga ada tujuan yang ingin dicapai (In Order To Motive). Sebagian besar perempuan pengrajin tenun memaknai fungsi ekonomi keluarga yaitu untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan dalam keluarga diantaranya: (1) menambah penghasilan suami dan pendapatan keluarga (2) untuk keperluan belanja keluarga sehari-hari (3) untuk keperluan biaya sekolah anak-anak (4) sebagian ditabung untuk keperluan penting keluarga lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Peran, Perempuan pengrajin tenun, Fungsi Ekonomi Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:19
Last Modified: 02 Nov 2020 07:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18163

Actions (login required)

View Item View Item