PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

RAKA, PANJI SATRIA (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
[FULL] Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual pada Materi El~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang valid, efektif, dan efisien. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif. Validitas produk dinilai oleh enam validator dengan analisis skala likert dan content validator index (CVI) melalui angket. Selanjutnya efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas untuk mendapatkan nilai uji N-gain serta hasil observasi melalui lembar keterlaksanaan kegiatan dan efisien ditentukan dari respon guru maupun peserta didik. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan keseluruhan perangkat yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 3.30 sampai 4.00 dengan kategori sangat baik dan nilai rata-rata CVI mendekati satu dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil rata-rata uji N-gain didapatkan nilai 0.51 dengan kategori sedang dan hasil observer menunjukkan rata-rata keterlaksanaan kegiatan diatas 90%. Respon peserta didik menunjukkan kurang puas terhadap pembelajaran daring. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual pada materi elastisitas dan hukum Hooke valid dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik namun kurang efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Perangkat pembelajaran, model inkuiri terbimbing, laboratorium virtual, keterampilan berpikir kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Nov 2020 03:12
Last Modified: 28 Nov 2020 03:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18666

Actions (login required)

View Item View Item