PENDUGAAN HETEROSIS PADA POPULASI F1 PERSILANGAN TANAMAN OKRA BUAH MERAH DAN OKRA BUAH HIJAU (Abelmoschus esculentus (L). Moench)

Desita, Handayani (2020) PENDUGAAN HETEROSIS PADA POPULASI F1 PERSILANGAN TANAMAN OKRA BUAH MERAH DAN OKRA BUAH HIJAU (Abelmoschus esculentus (L). Moench). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI 11 NOVEMBER 2020 DESITA HANDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap nilai heterosis sifat kuantitatif F1 dan resiproknya (F1R) dari hasil persilangan tanaman okra buah merah dan tanaman okra buah hijau, untuk mendapatkan sifat kuantitatif yang lebih baik dari sifat kedua tetuanya berdasarkan fenomena heterosis. Penelitian ini merupakan eksperimen ditata dalam Rancangan Acak Kelompok, dengan menggunakan 4 genotipe yaitu P1 (tetua betina okra merah), P2(tetua jantan okra hijau), F1 (hasil persilangan betina okra merah >< jantan okra hijau), dan resiprok (F1R) (hasil persilangan betina okra hijau >< jantan okra merah) dan 4 kali ulangan sehingga diperoleh 16 unit percobaan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari keenam sifat kuantitatif dinyatakan bahwa nilai keragaman pada hasil persilangan F1 dan F1R hanya tiga sifat kuantitatif yang bernotasi signifikan yaitu sifat panjang buah, diameter buah dan berat buah per tanaman. Heterosis pada hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap enam sifat kuantitatif F1 dan F1R yang memiliki nilai heterosis (MPH) dan (HPH) positif ada pada masing- masing sifat kuantitatif yaitu, berat buah per tanaman F1 dan F1R, jumlah buah per tanaman F1R, panjang buah F1,berat brangkasan basah F1R, berat brangkasan kering F1R. Sifat kuantitatif yang memiliki heterosis positif lebih banyak terdapat pada keturunan F1R yang mengartikan bahwa keturunan F1R lebih baik dari F1 pada sifat kuantitatif yang diamati. Keturunan F1R mengikuti tetua betinanya (pewarisan diluar inti), yaitu betina okra hijau, diduga pada tetua betina okra hijau adalah okra lokal yang telah beradaptasi pada lingkungan lokalnya, sehingga F1R menunjukkan performa heterosis lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Heterosis, Sifat Kuantitatif, Persilangan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2020 00:29
Last Modified: 14 Dec 2020 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19974

Actions (login required)

View Item View Item