OPTIMASI FORMULA SAMPO EKSTRAK DAUN PACAR AIR (Impatiens balsamina L.) DENGAN KOMBINASI NATRIUM LAURIL SULFAT DAN COCAMIDE DEA

DILA, AYU LESTAR (2020) OPTIMASI FORMULA SAMPO EKSTRAK DAUN PACAR AIR (Impatiens balsamina L.) DENGAN KOMBINASI NATRIUM LAURIL SULFAT DAN COCAMIDE DEA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA II Dila Ayu Lestari (File Skripsi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketombe merupakan suatu keadaan anomali yang dikarakterisasi dengan terjadinya pengelupasan lapisan tanduk secara belebihan dari kulit kepala.Daun tanaman pacar air(Impatiens balsaminaL.)merupakan salah satu bahan alam yang berkhasiatsebagai antiketombe,sehinggadapat dijadikan bahan aktif dalam pembuatan sampo antiketombe. Daun pacarair diekstraksimenggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol96%. Selain bahan aktif, sampo juga memiliki komponen penting yaitusurfaktan. Surfaktan yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi surfaktan natrium lauril sulfat dan cocamide DEA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimasi formula surfaktannatrium lauril sulfat dan cocamide DEApada sediaan sampoekstrak daun pacar air. Penelitian ini merupakanpenelitian experimental laboratorium. Optimasi formula dilakukan melalui pendekatan metode Simplex Latice Design(SLD) dengan membuatdelapan formula. Seluruhformula dievaluasi sifat fisiknya meliputi uji tinggi busa dan uji pH. Data yang diperolehdiolah dengan softwareDesign Expert®. Berdasarkan evaluasi fisik sediaan sampo ekstrakdaun pacar air diperoleh hasil uji tinggi busa10,025 cm danpH6,12. Hasil uji akseptabilitassediaan sampomeliputi parameter warna, bau, tekstur dan kekentalanmendapat respon cukup baik dengan perolehan nilai3,1, 3,3, 3,9 dan 4dengan keterangan1 (sangat tidak suka), 2 (tidak suka), 3 (cukup suka), 4 (suka) dan 5 (sangat suka). Formula optimum sampo yang terdiri dari5%ekstrak daun pacar air, 1,1863%natrium lauril sulfat, 19,814%cocamide DEA, 3%CMC, 0,5% asam sitrat, 0,5%metil paraben, 0,15%mentoldan akuadesmemiliki sifat fisik yangtelah memenuhi persyaratan sediaan sampo yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Daun pacar air, sampo, Simplex Latice Design
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jan 2021 07:25
Last Modified: 14 Jan 2021 07:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20506

Actions (login required)

View Item View Item