PEMBELAJARAN SISWA SLOW LEARNER DI SDN GUGUS 4 LINGSAR KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2020

Ro’ihatul, Misky (2020) PEMBELAJARAN SISWA SLOW LEARNER DI SDN GUGUS 4 LINGSAR KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RO'IHATUL MISKY E1E16131.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengajar berdasarkan fakta dan data pada siswa slow learner atau lamban belajar di SDN gugus 4 Lingsar. Slow learner merupakan siswa yang memiliki kesulitan belajar yang disebabkan anak sangat lamban dalam proses belajarnya, sehingga setiap melakukan kegiatan belajar membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan anak lainnya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, kondensasi data, penyaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam mengajar siswa slow learner diantaranya; 1) strategi guru dalam pengelolaan kelas mulai dengan mengenal karakteristik siswa untuk dapat membantu guru dalam membimbing siswa pada saat proses pembelajaran .2) strategi guru dalam memperlakukan siswa slow learner dikelas regular dengan cara mengatur posisi belajar siswa slow learner duduk dipaling depan dan melakukan rotasi dengan memperhatikan kondisi siswa. 3) strategi guru dalam memberikan tugas kepada siswa masih belum maksimal karena dari ketiga guru hanya ada satu guru yang bisa menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan memperhatikan kemampuan siswa slow learner. 4) startegi guru dalam memotivasi siswa slow learner dengan membangun semangat belajar siswa melalui pemberian reward berupa kata-kata yang dapat membuat siswa merasa dihargai keberadaannya . 5) strategi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mulai dari membuka pelajaran menarik minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, mengaitkan materi yang akan dibahas, menyampaikan materi pelajaran dengan metode ceramah khususnya kepada siswa slow learner menjelaskan kembali materi yang belum dipahami dijelaskan secara individual , dan menutup pelajaran dengan tanya jawab dan menarik kesimpulan bersama. 6) dan strategi guru dalam mengajar siswa slow learner disaat pandemic covid-19 dengan tetap mengikuti aturan dari pemerintah, memperbanyak media khususnya saat pandemic menggunakan media video pemelajaran, dan melakukan pemelajaran home visit kerumah siswa slow learner. Dalam proses pembelajaran siswa slow learner kedepannya guru harus lebih memperhatikan strategi yang lebih khusus sesuai dengan kebutuhan siswa slow learner khususnya dalam melakukan penilaian dalam pemberian tugas guru harus lebih menyesuaikan tingkat kesulitan soal antara siswa slow learner dan siswa lainnya mengingat kemampuan yang dimiliki siswa slow learner berbeda dengan siswa lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Strategi guru, Mengajar, Siswa Slow Learner
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:18
Last Modified: 04 Feb 2021 03:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20733

Actions (login required)

View Item View Item