PERBANDINGAN KINERJA CPU DENGAN GPU DAN TANPA GPU DALAM PEMROSESAN GAMBAR MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK

Izfan, Yunus (2021) PERBANDINGAN KINERJA CPU DENGAN GPU DAN TANPA GPU DALAM PEMROSESAN GAMBAR MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL TA IZFAN YUNUS F1B013047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Abstrak - Machine learning adalah salah satu cabang dari kecerdasan buatan yang fokus pada pembelajaran sendiri (self learning) atau tanpa harus berulang kali diprogram oleh manusia.Salah satu bidang keilmuan baru dalam machine learning yang berkembang akibat perkembangan teknologi GPU adalah deep learning. Saat ini penggunaan metode Deep Learning dapat menjadi salah satu metode yang sering digunakan pada penelitian. Salah satunya adalah klasifikasi menggunakan metode Convolutional Neural Network. Pada tugas akhir ini peneliti telah menguji kinerja pengklasifikasian yang paling optimal dengan waktu eksekusi yang paling cepat dengan membandingkan antara performansi penggunaan CPU dengan GPU atau tanpa GPU dalam pemrosesan gambar pada software Matlab. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu (1) proses perancangan sistem (2) pengeksekusian program (3) pengamatan parameter. Menurut hasil penelitian, uji coba menggunakan GPU meningkatkan keakurasian dan ketepatan proses training maupun scanning. Namun penggunaan GPU dapat memakan waktu training yang lebih lama bila dibandingkan dengan proses tanpa GPU.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : GPU, CPU, Convolutional Neural Network, Matlab.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 02:40
Last Modified: 10 Feb 2021 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20814

Actions (login required)

View Item View Item