IDENTIFIKASI CAPAIAN KEMAMPUAN KONSEP SAINS SEDERHANA ANAK USIA 5-6 TAHUN GUGUS I KECAMATAN WAWO KABUPATEN BIMA TAHUN AJARAN 2020/2021

ULFA, APRIANI (2020) IDENTIFIKASI CAPAIAN KEMAMPUAN KONSEP SAINS SEDERHANA ANAK USIA 5-6 TAHUN GUGUS I KECAMATAN WAWO KABUPATEN BIMA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
pdf E1F016076 ULFA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK: Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti di Gugus I Desa Pesa Kecematan Wawo Kabupaten Bima peneliti banyak melihat kelemahan dan kekurangan dalam pembelajaran konsep sains sederhana. Dikarenakan kurangnya motifasi guru dalam mengajarkan anak untuk belajar di luar kelas, guru hanya mengajarkan anak dengan menggunakan LKA (Lembar kerja anak) dan majalah TK .Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Capaian Kemampuan Konsep Sains Sederhana Anak Usia 5-6 Tahun Gugus l Desa Pesa Kecamatan Wawo Kabupaten Bima Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian survey . Subjek dalam penelitian ini adalah 20 anak kelompok B di Gugus I Desa Pesa Kecamatan Wawo Kabupaten Bima. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumen berupa raport semester ganjil.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu Pada indikator Menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik terdapat (50%). Pada indikator Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara fleksibel dan diterima social terdapat (55%).Pada indikator Menunjukan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah terdapat (50%). Pada indikator Mengenal sebab akibat tentang lingkungannya terdapat (65%). Pada indikator Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran terdapat (80%). Pada indikator Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama terdapat (80%). Pada indikator Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari yang paling kecil ke paling besar atau sebaliknya terdapat (85%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kemampuan Konsep Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:02
Last Modified: 15 Feb 2021 05:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20976

Actions (login required)

View Item View Item