IMPLEMENTASI INOVASI DARING DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 TALIWANG

YUSDANILA, YUSDANILA (2021) IMPLEMENTASI INOVASI DARING DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 TALIWANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi yusdanila FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implemetasi inovasi daring dalam pembelajaran sosiologi pada masa pandemi Covid-19 di SMAN 1 Taliwang; (2) mengetahui kendala yang dihadapi selama implemetasi inovasi daring dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 1 Taliwang. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implemetasi inovasi daring dalam pembelajaran sosiologi dilakukan melalui 3 tahapan diantaranya tahap perencanaan yang memuat Rpp yang berpedoman pada kurikulum-13, inovasi dalam tahap perencanaan meliputi pemanfaatan media video dan powerpoint yang di-input kedalam portal belajar, berikutnya inovasi dalam tahap pelaksanaan pembelajaran daring lebih pada penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dan discovery learningpada masa pandemi Covid-19 yang berbeda seperti biasanya, terakhir tahap evaluasi meliputi penilaian pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik oleh guru mata pelajaran sosiologi melalui portal sekolah (2) kendala selama implemetasi inovasi daring meliputi kendala bagi guru diantaranya kemampuan multimedia dan ketidaksesuaian antara Rpp dan pelaksanaan pembelajaran, dan kemampuan editing video yang masih rendah, kemudian kendala bagi siswa diantaranya kuota internet dan rendahnya antusias self learning, dan terakhir kendala teknis adalah sistem error pada portal sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran bagi guru untuk sebaiknya meyusun Rpp daring agar pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan dan mempunyai patokan atau arahan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Inovasi, kendala, pembelajaran sosiologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Mar 2021 00:51
Last Modified: 08 Mar 2021 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21291

Actions (login required)

View Item View Item