Karakteristik Tanah Pada Berbagai Tutupan Vegetasi dan ketinggian Tempat di Hkm Wanagiri Kabupaten Sumbawa

Miftahul, Irsyadi Purnama (2020) Karakteristik Tanah Pada Berbagai Tutupan Vegetasi dan ketinggian Tempat di Hkm Wanagiri Kabupaten Sumbawa. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
KARAKTERISTIK TANAH PADA BERBAGAI TUTUPAN VEGETASI DAN KETINGGIAN TEMPAT DI HUTAN KEMASYRAKATAN (HKm) ARTAGIRI KABUPATEN SUMBAWA .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HKm Swagotra Arthagiri berada di Desa Sabedo Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa. HKm Arthagiri memiliki kondisi landscape didominasi oleh perbukitan dengan kondisi umum adalah lahan kering tadah hujan dengan tutupan vegetasi pada hulu yaitu semak perdu dan hutan alam serta pada bagian hilir yaitu vegetasi agroforestry dan ladang persawahan. HKm Arthagiri dikelola oleh penduduk sekitar untuk diambil jasa lingkungan berupa air. dalam pengelolaan tersebut penting untuk dilakukan identifikasi karateristik tanah di kawasan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui karateristik tanah pada berbagai tutupan vegetasi dan ketinggian tempat di HKm Arthagiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pengkelasan tutupan vegetasi dan pembagian interval ketinggian tempat. Hasil dalam penelitian ini, ditemukan 2 tipe tutupan vegetasi yaitu hutan semak perdu dan hutan alam. dimana pada hutan semak perdu ketinggian 0-150 mdpl dan 150-300 mdpl memiliki tekstur tanah yaitu lempung, lempung berdebu dan lempung liat berpasir, struktur tanah berbentuk granuler, warna tanah berwarna brown dan dark redish brown, bulk density berkisar antara 0.77 g.cm-3 – 0.87 g.cm-3, porositas berkisar antara 56,52 % - 66,53%, kedalaman lapisan tanah berkisar antara 32.7 cm – 100 cm, dan pH tanah berkisar antara 3,8 – 5,0. Sedangkan pada hutan alam ketinggian 150-300 mdpl dan >300 mdpl memiliki tekstur tanah yaitu lempung dan lempung berdebu, struktur tanah berbentuk granuler, warna tanah berwarna brown dan dark redish brown, bulk density berkisar antara 0.68 g.cm-3 – 0.97 g.cm-3, porositas berkisar antara 53,45 % - 66,98%, kedalaman lapisan tanah berkisar antara 18,3 cm – 38,3 cm, dan pH tanah berkisar anntara 3,4 – 5,4.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanah vegetasi Ketinggian
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Irsyadi Miftahul Purnama
Date Deposited: 12 Apr 2021 00:23
Last Modified: 12 Apr 2021 00:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21620

Actions (login required)

View Item View Item