ANALISIS KEMAMPUAN MENGONSTRUKSI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII MTS NEGERI 4 LOMBOK TIMUR

LALU, KUSNENDAR ATMANEGARA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MENGONSTRUKSI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII MTS NEGERI 4 LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi lalu kusnendar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis Kemampuan Mengonstruksi Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTS Negeri 4 Lombok Timur ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengonstruksi teks prosedur siswa kelas VII MTs Negeri 4 Lombok Timur dareu segi: (1) struktur, (2) ciri kebahasaan, (3) isi, dan (4) kaidah penulisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu semua kelas VII yang berjumlah 82 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Instrument penelitian ini menggunakan tes tulis dan dianalisis dengan cara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII MTs Negeri 4 Lombok Timur memperoleh nilai rata-rata 51,67. Siswa yang memperoleh nilai 70-100 berjumlah 5 orang, sedangkan <70 berjumlah 25 orang. Dari aspek penilaian penulisan teks prosedur didapatkan nilai rata-rata 51,67. Pada aspek struktur, nilai rata-rata siswa sampel berada pada kategori mampu dengan nilai rata- rata 77,5. Ciri kebahasaan berada pada kategori tidak mampu dengan nilai rata-rata 42,5. Segi isi berada pada kategori tidak mampu dengan nilai rata- rata 47,5 dan kaidah penulisan berada pada kategori tidak mampu dengan nilai rata-rata 40,83. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengonstruksi teks prosedur siswa kelas VII MTs Negeri 4 Lombok Timur berada pada kategori tidak mampu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan, Mengonstruksi, Teks Prosedur.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2021 07:34
Last Modified: 24 May 2021 07:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21795

Actions (login required)

View Item View Item