ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH FAKTORISASI SUKU ALJABAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAYA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Hastiani, Novia (2018) ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH FAKTORISASI SUKU ALJABAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAYA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOVIA HASTIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dimotivasi oleh adanya kesalahan penyelesaian masalah faktorisasi suku aljabar pada siswa kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesalahan dan jenis kesalahan penyelesaian masalah. Tujuan lainnya adalah untuk mendapatkan hubungan antara masing-masing kesalahan dengan kesalahan total penyelesaian masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada enam jenis kesalahan dari persoalan. Kesalahannya seperti kesalahan permodelan matematika (X1), kesalahan konsep (X2), kesalahan strategi (X3), kesalahan sistematik (X4), kesalahan tanda (X5), dan kesalahan hitung (X6). Tingkat dari tiap jenis kesalahan adalah: rendah untuk kesalahan permodelan matematika ( , sangat tinggi untuk kesalahan konsep ( cukup untuk kesalahan strategi ( , sangat rendah untuk kesalahan sistematik ( , rendah untuk kesalahan tanda ( , dan cukup untuk kesalahan hitung ( . Korelasi (r) masing-masing jenis kesalahan dengan kesalahan total adalah 0,67 dengan kategori kuat untuk , 0,76 dengan kategori kuat untuk , 0,17 dengan kategori sangat rendah untuk , 0,15 dengan kategori sangat rendaht untuk , 0,31 dengan kategori rendah untuk , dan 0,63 dengan kategori tinggi untuk .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kesalahan Penyelesaian, Penyelesaian Masalah, Faktorisasi Suku Aljabar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:49
Last Modified: 09 Apr 2018 06:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item