KONTRIBUSI USAHA AGROINDUSTRI GULA AREN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Saumi, Jasa Sasmita Rin (2021) KONTRIBUSI USAHA AGROINDUSTRI GULA AREN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Saumi Jasa Sasmita Rini_Kontribusi Usaha Agroindustri Gula Aren Terhadap Pendapatan Rumah Tangg.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)

Abstract

Perkebunan di Kecamatan Lingsar memiliki salah satu komoditi unggulan yaitu tanaman Aren (Arenga pinnata). Tanaman ini memiliki nilai ekonomis tinggi dikarenakan hampir keseluruhan bagian tanaman memiliki nilai jual dan mendatangkan keuntungan finansial. Aren sebagai komoditi unggulan memiliki peranan penting terhadap perekonomian masyarakat di Kecamatan Lingsar. Mereka megolah aren menjadi gula secara tradisional dan berlangsung turun temurun dengan anggota keluarga sebagai tenaga kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis biaya produksi dan pendapatan usaha agroindustri gula aren di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat; (2) Mengetahui besarnya kontribusi usaha agroindustri gula aren terhadap pendapatan rumah tangga pengrajin gula aren di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat; (3) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pengrajin dalam usaha agroindustri gula aren. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, unit analisis yaitu pengrajin gula aren di Kecamatan Lingsar, penentuan daerah sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, jumlah responden ditentukan menggunakan metode slovin, jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif, sumber data yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Biaya produksi usaha agroindustri gula aren di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat adalah Rp1.327.093/bulan, terdiri dari biaya variabel sebesar Rp1.109.688/bulan dan biaya tetap sebesar Rp217.405/bulan. Total penerimaan sebanyak xiiiRp3.209.188/bulan maka diperoleh pendapatan usaha agroindustri gula aren sebesar Rp1.882.095/bulan; (2) Total Pendapatan rumah tangga pengrajin gula aren adalah Rp3.162.116/bulan, maka kontribusi pendapatan usaha gula aren terhadap total pendapatan rumah tangga yaitu 59,52%; (3) Kendala-kendala yang dihadapi oleh pengrajin gula aren di Kecamatan Lingsar yaitu musim hujan dan ketersediaan kayu bakar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Gula Aren, Kontribusi Usaha, Ken
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:54
Last Modified: 22 Jun 2021 06:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22331

Actions (login required)

View Item View Item