PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2016/2017

ZAUFIR MUNAWIR, LALU MUHAMMAD (2017) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI L. M. ZAUFIR MUNAWIR E1R112035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa di kelas VIII C SMP Negeri 1 Kuripan tahun ajaran 2016/2017 yang disebabkan karena pemilihan model pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang ada untuk mendukung proses pembelajaran, sumber belajar tidak digunakan secara optimal, dan kurang memperhatikan kreativitas atau kemampuan yang dimiliki siswa. Inkuiri Terbimbing sebagai salah satu model yang dalam penerapannya siswa tidak hanya sekedar belajar dari apa yang diberikan guru, akan tetapi belajar dari aktivitas dan pengalamannya dalam melakukan percobaan atau penyelidikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki lima tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi, evaluasi dan refleksi. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas siswa sedangkan untuk prestasi belajar diperoleh melalui tes evaluasi pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata skor aktivitas siswa adalah 12,00 dengan kategori aktif, kemudian pada siklus II dilakukan berdasarkan perbaikan-perbaikan pada siklus I sehingga terjadi peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa menjadi 16,67 dengan kategori sangat aktif. Persentase ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu 69,23% pada siklus I dan meningkat menjadi 92,31%. pada siklus II Sehingga model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kuripan tahun ajaran 2016/2017 pada pembelajaran materi perbandingan senilai dan berbalik nilai

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Inkuiri Terbimbing, Perbandingan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:03
Last Modified: 10 Apr 2018 06:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item View Item