HUBUNGAN ANTARA SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA DI UNIVERSITAS MATARAM

BAIQ, HESTI YULIATIN (2021) HUBUNGAN ANTARA SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA DI UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SCAN-BAIQ HESTI YULIATIN (E1M017009) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa pendidikan Kimia di Universitas Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian sebanyak 160 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 114 mahasiswa semester IV dan VI program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan, Universitas Mataram.. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket sikap ilmiah dan soal tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kategori untuk Sikap Ilmiah mahasiswa termasuk sedang, diperoleh rata-rata sebesar 54,95 dengan nilai tertinggi pada indikator sikap ingin tahu, begitupun dengan keterampilan berpikir kreatif temasuk kategori sedang, diperoleh rata-rata rata sebesar 11,16 dengan nilai tertinggi pada indikator kefasihan. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment menunjukan nilai rxy= 0,30; Koefisien determinasi sebesar 9,1%; dan thitung = 3,341 > ttabel = 1,585. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa dengan tingkat korelasi rendah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Sikap ilmiah, keterampilan berpikir kreatif, Mahasiswa Pendidikan Kimia, Hubungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Jul 2021 04:54
Last Modified: 09 Jul 2021 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22624

Actions (login required)

View Item View Item