PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

WINDA, ASTARINI ARIPIN (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
WINDA ASTARINI ARIPIN (E1Q016070).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, efektifitas dan efesien perangkat pembelajaran fisika berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan 4D Models. Produk yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan instrumen tes berupa soal kemampan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis. Validitas produk dinilai oleh enam validator dengan analisis skala likert dan content validator index (CVI) melalui lembar validasi. Selanjutnya efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas untuk mendapatkan nilai uji N-gain dan efisien ditentukan dari respon peserta didik. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori sangat baik. Reliabilitas silabus, RPP, LKPD dan instrument tes di atas 75 % menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai termasuk dalam kategori reliabel. Kemudian hasil rata-rata uji N-gain untuk kemampuan berpikir kritis sebesar 0,50 dengan kategori sedang dan nilai rata-rata N-gain untuk kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,38 dengan kategori sedang. Respon peserta didik menunjukkan kurang puas terhadap pembelajaran daring. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran fisika berbasis model problem based learning pada materi getaran harmonis valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik namun kurang efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perangkat pembelajaran, problem based learning ,kemampuan pemecahan masalalah, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:40
Last Modified: 05 Aug 2021 00:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23013

Actions (login required)

View Item View Item