MAKNA AIQ JAMPI (AIR DO’A) SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN DALAM KEPERCAYAAN MASYARAKAT KAMPUNG PERATOH, KECAMATAN MASBAGIK SELATAN, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Refitayana, Refitayana (2021) MAKNA AIQ JAMPI (AIR DO’A) SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN DALAM KEPERCAYAAN MASYARAKAT KAMPUNG PERATOH, KECAMATAN MASBAGIK SELATAN, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI pdf AIQ JAMPI REVITAYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kampung Peratoh memiliki berbagai macam kebudayaan dalam bidang kesehatan, dimana masyarakatnya masih menggunakan sistem pengobatan tradisional dalam menyembuhkan penyakit padahal Balai Pengobatan telah disediakan oleh Pemerintah maupun Swasta untuk menunjang kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan dan makna yang terkandung dalam pengobatan Aiq Jampi. Penelitian ini menggunakan teori dan konsep Tindakan Sosial dari Max Weber dan Teori Konstruksi Sosial dari Peter L.Berger dan Thomas Luckman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Informan penelitian dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan kriteria pengetahuan dan pendidikan sehingga diperoleh informan antara lain belian sasak, orang yang menggunakan Aiq jampi serta yang sembuh, Tokoh Agama, Tokoh Medis di Kampung Peratoh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi Partisipan, wawancara mendalam yang terstruktur maupun tidak terstruktur dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi, sedangkan Teknik analisis data menggunakan model Interaktif Miles dan Hubermas Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan masyarakat dalam penggunaan Aiq Jampi di mana masyarakat menjadikan pengobatan Aiq Jampi sebagai media pengobatan utama karena di dasari tindakan tradisional yaitu kebiasaan atau tradisi yang didukung nilai yang ada di dalam Aiq Jampi seperti nilai kebersamaan, nilai tolong-menolong, nilai agama, nilai kearifan menjadi dasar dalam masyarakat bertindak. Sedangkan dari sisi makna masyarakat memaknai Aiq Jampi sebagai pencurahan diri kepada Allah Swt untuk menyembuhkan penyakit melalui perantara Aiq Jampi. Ada dua makna yang terkandung pertama makna berupa alat atau bahan seperti kencur dan air, yang kedua makna nilai bersumber dari tindakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kunci: Tindakan Aiq Jampi, Makna Aiq Jampi, Media Pengobatan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2021 01:36
Last Modified: 10 Aug 2021 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23107

Actions (login required)

View Item View Item