PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 JEMBATAN KEMBAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ZARWATI, MASRUROH RENI (2018) PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 JEMBATAN KEMBAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 2 Jembatan Kembar. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor dimana guru masih menggunakan cara mengajar yang bersifat konvensional, yaitu lebih banyak menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas atau pekerjaan rumah (PR). Sistem pengajaran yang demikian ini menyebabkan siswa tidak berpartisipasi aktif dan merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Jembatan Kembar pada mata pelajaran Matematika dengan penerapan model Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh data peningkatan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yakni untuk aktivitas mengajar guru siklus I memperoleh skor rata-rata 25,5 dengan kategori cukup baik dan pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat dengan perolehan skor rata-rata 31,5 dengan kategori baik. Demikian juga untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 72 dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 99,5 dengan kategori aktif. Untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,32 dengan persentase ketuntasan klasikal 72% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,66 dengan persentase ketuntasan klasikal 85,18%, kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 2 Jembatan Kembar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Student Facilitator and Explaining, aktivitas dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Apr 2018 05:47
Last Modified: 11 Apr 2018 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2351

Actions (login required)

View Item View Item