PENERAPAN METODE TEGATOUR (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB DARUL HABIBI NW PAOK TAWAH KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MERI, APRIANI (2021) PENERAPAN METODE TEGATOUR (TEAMS-GAMES-TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB DARUL HABIBI NW PAOK TAWAH KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MERI APRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan sosial melalui metode Tegatour untuk anak usia 5-6 tahun di KB Darul Habibi NW Paok Tawah Kecamatan Praya tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian menggunakan pengembangan R&D dengan 3 tahap pengembangan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi terhadap 10 orang anak. penelitian tahap pengembangan I diperoleh hasil rata-rata 42,03% dengan kategori belum berkembang sedangkan pada tahap pengembangan II mengalami peningkatan dengan nilai rata - rata 63,95% dengan kategori mulai berkembang dan pada tahap pengembangan III nilai rata-rata peningkatan sosial anak meningkat mencapai 80,03% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan metode Tegatour dapat meningkatkan sosial anak usia 5-6 tahun di KB Darul Habibi NW Paok Tawah Kecamatan Praya tahun pelajaran 2020/2021. Dalam melakukan penelitian, peneliti mengembangkan metode Tegatour melalui permainan dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 1.Peneliti, guru dan siswa membuat kesepakatan aturan permainan yaitu: a). Anak mendengarkan penjelasan langkah-langkah permainan Tegatour. b). Anak mengikuti permainan dengan bekerjasama dalam menyelesaikan permainan. c). Menyelesaikan permainan sesuai dengan urutan langkah-langkahnya. 2. Peneliti dan anak membentuk meja tim. 3. Peneliti menjelaskan tema profesi kepada anak. 4. Peneliti menjelaskan langkah-langkah dalam permainan Tegatour yaitu: a). Menyusun balok gambar profesi yang sudah diacak menjadi 6 pecahan balok menjadi gambar profesi yang utuh. b). Menentukan gedung tempat profesi bekerja dengan pilihan gambar rumah sakit, kantor polisi, sekolah, sawah, dan lautan. c). Pembagian hadiah untuk pemenang lomba dalam permainan Tegatour. 5. Peneliti dan anak merapikan APE yang digunakan selama permainan Tegatour berlangsung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Sosial, TEGATOUR (Teams- Games- Tournament)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:51
Last Modified: 07 Sep 2021 02:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24030

Actions (login required)

View Item View Item