Keragaman pangan lokal di Pulau Lombok untuk menunjang pengembangan pariwisata’ (‘Diversity of Local Foods in Lombok Island to Support Tourism Development’).

Zainuri, Zainuro (2016) Keragaman pangan lokal di Pulau Lombok untuk menunjang pengembangan pariwisata’ (‘Diversity of Local Foods in Lombok Island to Support Tourism Development’). Agritech, 36 (2). pp. 206-218. ISSN 0216-0455/ 2527-3825

[img]
Preview
Text
L.A.1.b.2.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

Potensi hasil pertanian sangat besar untuk dikembangkan menjadi produk pangan lokal yang dapat mendukung pengembangan pariwisata daerah, dan saat ini telah ada beberapa produk pangan lokal direalisasikan di berbagai wilayah di Pulau Lombok.Tujuan dari tulisan ini antara lain untuk: (1) mengidentifikasi keragaman pangan lokal yang ada di Pulau Lombok, dan (2) mengetahui jumlah ketersediaan pangan lokal di Pulau Lombok.Untuk mencapai tujuan penulisan ini telah dilakukan penelitian yang dirancang untuk mendeskripsikan kondisi yang ada, dengan melakukan survei ke lokasi-lokasi yang dapat memberikan data yang dibutuhkan.Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa di Pulau Lombok terdapat beberapa produk pangan lokal dengan nilai produksi (omzet penjualan) yang bervariasi dari yang besar hingga yang kecil. Besar-kecilnya produksi produk pangan lokal ini terjadi karena produsen menyesuaikan diri dengan permintaan yang ada. Beberapa produk yang menonjol (dihitung dari nilai produksinya) di seluruh Pulau Lombok adalah sate bulayak dan kerupuk kulit. Produk-produk pangan lokal yang dinilai mempunyai kekhasan Pulau Lombok adalah sate bulayak, ayam Taliwang, sate Tanjung (Lombok Utara), opak-opak, pelecing kangkung, dan jajan bantal (Lombok Timur).

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Agroindustri, pangan lokal, pariwisata, penawaran, permintaan, Pulau Lombok
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Prof. Ir. Taslim Sjah, M.App,Sc., Ph.D.
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:08
Last Modified: 22 Sep 2021 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24498

Actions (login required)

View Item View Item