PERBANDINGAN ANGKA KONSEPSI DAN SERVICE PER CONCEPTION ANTARA SAPI YANG DIINSEMINASI DENGAN SEMEN BEKU SAPI BALI DAN SAPI EKSOTIK DI KECAMATAN PRINGGARATA

NURRILLAH, FATNIATUL (2021) PERBANDINGAN ANGKA KONSEPSI DAN SERVICE PER CONCEPTION ANTARA SAPI YANG DIINSEMINASI DENGAN SEMEN BEKU SAPI BALI DAN SAPI EKSOTIK DI KECAMATAN PRINGGARATA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi NURRILLAH FATNIATUL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan angka konsepsi dan service per conception antara sapi yang diinseminasi dengan semen beku sapi Bali dan sapi eksotik. Materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu ternak sapi milik peternak yang berada di Kecamatan Pringgarata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pelaksanaan penelitian ini dengan mengumpulkan data di lapangan dengan mewawancarai beberapa peternak yang ada di setiap daerah sampel yang dipilih sehingga mendapatkan 98 sampel ternak. Variabel yang diamati meliputi non-return rate (NRR), service per conception (S/C), conception rate (CR) serta identitas responden. Data dianalisis dengan analisis statistik sederhana yang meliputi nilai rata-rata dan persentase . Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Non return rate yang diperoleh masing-masing 85,7% dan 67,3%. Service per conception untuk sapi yang diinseminasi menggunakan semen sapi Bali sebesar 1,7 dan semen sapi eksotik sebesar 1,8. Nilai conception rate untuk sapi yang diinseminasi menggunakan semen sapi Bali sebesar 57,1% dan sapi eksotik sebesar 42,9%. Kesimpulan, NRR, S/C, dan CR sapi yang diinseminasi dengan semen sapi Bali lebih baik dibandingkan semen sapi eksotik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Conception rate, inseminasi buatan, non-return rate, semen beku, service per conception.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:54
Last Modified: 28 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25415

Actions (login required)

View Item View Item