PERBANDINGAN KOLOM BULAT DAN KOLOM PERSEGI PANJANG TERHADAP KINERJA STRUKTUR GEDUNG HOTEL AMARSVATI AKIBAT BEBAN GEMPA

KURNIAWAN, HADI SUTOMO (2021) PERBANDINGAN KOLOM BULAT DAN KOLOM PERSEGI PANJANG TERHADAP KINERJA STRUKTUR GEDUNG HOTEL AMARSVATI AKIBAT BEBAN GEMPA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KURNIAWAN HADI SUTOMO F1A015064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Dalam perencanaan struktur gedung kebanyakan gedung didesain menggunakan kolom penampang persegi dan persegi panjang dibandingkan kolom penampang bulat, hal ini dikarenakan kolom penampang persegi dan persegi panjang lebih ekonomis dari segi penggunaan tulangan dan mudah dalam pelaksanaan di lapangan. Namun pada daerah-daerah yang rawan gempa seperti Indonesia diperlukan daktilitas kolom yang cukup tinggi, kemampuan kolom berspiral (kolom bulat) untuk menahan beban maksimum pada deformasi besar mencegah terjadinya collapse pada struktur secara keseluruhan sebelum terjadinya redistribusi total momen dan tegangan selesai. Pada studi ini dilakukan analisa gaya dalam yang bekerja di pada kolom berdasarkan beban gempa terhadap bangunan Gedung Hotel Amarsvati dengan menggunakan metode analisa Statik Ekivalen dan Dinamik Respon Spektrum. Kombinasi beban serta teknis desain berpedoman pada SNI 1726:2019 dan SNI 2847:2019. Pada proses modelling struktur digunakan aplikasi Etabs v18 untuk melihat gaya dalam yang bekerja dibantu SPColumn v6 untuk analisa kekuatan kolom terhadap gaya dalam yang bekerja. Hasil dari analisa gaya dalam menunjukkan bahwa kolom bulat memiliki kemampuan lebih dalam menahan keruntuhan geser dengan kenaikan sebesar 22,9% dibandingkan kolom persegi panjang. Namun kolom bulat lebih cepat mengalami keruntuhan lentur dengan penurunan 17,13% dibandingkan kolom persegi panjang. Untuk gaya dalam aksial kolom bulat mengalami penurunan namun tidak signifikan, yakni berkisar antara 0,9%-1,66%, hal ini berarti perubahan bentuk penampang tidak terlalu berpengaruh terhadap gaya dalam aksial. Selain itu berdasarkan perbandingan kapasitas momen nominal kolom dan daktilitas simpangan kolom menunjukkan kolom bulat lebih efisien dibandingkan kolom persegi panjang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perbandingan Kolom, Kolom Bulat, Kolom Persegi, Statik Ekuivalen, Dinamik Respon Spektrum, Daktilitas Simpangan, Kapasitas Momen Nominal.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Nov 2021 03:10
Last Modified: 09 Nov 2021 03:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25610

Actions (login required)

View Item View Item