SELF ESTEEM PESERTA DIDIK KELAS V DALAM IMPLEMENTASIPENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 20 MATARAM

IDA, ZURAIDAH (2021) SELF ESTEEM PESERTA DIDIK KELAS V DALAM IMPLEMENTASIPENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 20 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ida Zuraidah (E1E017056).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keberagaman peserta didik di Sekolah inklusi menjadi tantangan tersendiri, karena cenderungan menyebabkan peserta didik berkebtuhan khusus mendapati dirinya tidak seperti mayoritas orang sekitarnya sehingga merasa tidak diterima. Hal ini berpengaruh terhadap pandangan diri individu yang berdampak terhadap tinggi rendahnya self esteem. Rendahnya self esteem ini dapat mengganggu kesejahteraan psikologis. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengetahui secara mendalam bagaimana self esteem peserta didik dan penerimaan terhadap orang di sekitar peserta didik berkebutuhan khusus ketika berada di sekolah pada pendidikan inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui studi lapangan sebagai jenis pendekatan. Berbagai aspek berkenaan diteliti melalui sumber data primer, yaitu observasi keadaan lingkungan, kondisi siswa, dan respon orang tua. Serta, wawancara kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan rekan sebaya. Sedangkan, sumber data sekunder diperoleh melalui dokumentasi berupa PPI, raport, asesmen, dan penghargaan. Data yang diperoleh akan dianalisis melalui analisis data kualitatif menurut Miles, Huberman, dan Saldana melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan hingga data yang diperoleh kredibel. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kedepannya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi penambah wawasan setiap pihak yang terlibat dalam implementasi pendidikan inklusi agar dapat menyikapi setiap komponen yang terlibat sebagaimana mestinya, sehingga self esteem dapat berkembang dengan baik. Hasil penelitian dengan peserta didik kelas V SD Negeri 20 Mataram sebagai setting penelitian menunjukkan Self Esteem Peserta Didik dalam Implementasi Pendidikan Inklusi tinggi. Disamping itu, peserta didik berkebutuhan khusus diterima dengan baik oleh orang-orang di sekitarnya ketika berada di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pendidikan inklusi, self esteem, penerimaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:56
Last Modified: 12 Nov 2021 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25874

Actions (login required)

View Item View Item