PERBEDAAN TINGKAT RENTABILITAS USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG UNGGUL POLA INDIVIDU DAN POLA KELOMPOK DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

SULISTIAWATI, SULISTIAWATI (2021) PERBEDAAN TINGKAT RENTABILITAS USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG UNGGUL POLA INDIVIDU DAN POLA KELOMPOK DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-SULISTIAWATI-B1D017303.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)

Abstract

Penilitian inibertujuan untuk mengetahui tangkat rentabilitas usaha ternak Ayam Kampung Unggul pola pemeliharaan individu dan pola kelompok, dan untuk mengetahui perbedaan tangkat rentabilitas usaha ternak Ayam Kampung Unggul pola pemeliharaan individu dan kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di dua kecamatan yang ada di Lombok Barat yaitu, Kecamatan Lingsar dan Kecamatan Narmada yang dipilih secara purposive.Peternak sampel diambil masing-masing 15 orang peternak pola individu dan 15 orang peternak pola kelompok secara proporsional random sampling sebagai responden, sehingga total sampel keseluruhannya sebanyak 30 orang. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis biaya dan pendapatan serta uji beda t-test. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa tingkat rentabilitas usaha ternak Ayam Kampung Unggul pola individu 45% dan 54 % pada pola kelompok. Hal ini berarti, pemeliharaan Ayam Kampung Unggul dengan pola Kelompok lebih efisien dijalankan dibandingkan dengan pemeliharaan Ayam Kampung Unggul pola individu, dengan selisih rentabilitas 9 %. Secara statistik tingkat perbedaan rentabilitas pola individu dan pola kelompok menunjukkan perbedaan yang sangat nyata (P< 0,01).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Usaha Ternak, Ayam Kampung Unggul, Tingkat Rentabilitas
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2021 01:03
Last Modified: 30 Nov 2021 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26269

Actions (login required)

View Item View Item