MANAJEMEN KRISIS KOMUNIKASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS HUMAS SATUAN TUGAS COVID-19 KOTA MATARAM DALAM MENANGANI INFORMASI SIMPANG-SIUR DI TAHUN 2020)

NADIA, SAGITA PUTRI (2021) MANAJEMEN KRISIS KOMUNIKASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS HUMAS SATUAN TUGAS COVID-19 KOTA MATARAM DALAM MENANGANI INFORMASI SIMPANG-SIUR DI TAHUN 2020). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - NADIA SAGITA PUTRI - L1B017080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Covid-19 merupakan penyakit menular, disebabkan oleh SARS-COV 2. Pertama kali muncul di Wuhan China, dan masuk ke Kota Mataram pada 02 Maret 2020. Virus baru ini menimbulkan sejumlah pemberitaan simpang-siur di kota Mataram. Hal seperti ini tidak cepat direspon oleh Humas Satgas Covid-19 yang telah dibentuk Walikota, sebagai wali data dan juru bicara dalam memberikan informasi Covid-19 di Kota Mataram. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen krisis komunikasi yang dilakukan Humas Satgas Covid-19 Kota Mataram pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Humas Satgas Covid-19 Kota Mataram memiliki tahap perencanaan dalam bentuk SOP dan pembuatan website Covid-19. Namun, dalam pelaksanaannya mengalami kendala yaitu kurangnya koordinasi dengan instansi yang ada dalam SK Walikota No.492/IV/2020, SDM kurang berkompeten sehingga tugas dan fungsi tidak dijalankan secara keseluruhan, serta tidak menjalankan tahapan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.Hal inilah yang menyebabkan Manajemen Krisis Komunikasi Humas Satgas Covid-19 Kota Mataram dalam menghadapi informasi simpang-siur di tahun 2020 tidak berjalan optimal karena kegiatan yang dilakukan tidak berdasarkan konsep ilmu manajemen krisis komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Manajemen Krisis Komunikasi; Humas Satgas Kota Mataram; Informasi Simpang-Siur.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2021 05:35
Last Modified: 30 Nov 2021 05:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26288

Actions (login required)

View Item View Item