ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA KELAS VIII A SMPN 3 NARMADA TAHUN AJARAN 2020/2021

RIDHA, WAHIDDAYATUL ILMI (2021) ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA KELAS VIII A SMPN 3 NARMADA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsiku.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar ditinjau dari keterampilan metakognisi siswa kelas VIII A tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan subjek penelitian yang terpilih adalah 9 siswa kelas VIII-A SMPN 3 Narmada yang terdiri dari 3 orang siswa masing-masing kelompok metakognisi tinggi, sedang, rendah. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrument angket, tes, dan wawancara. Hasil yang di dapatkan dalam penelitian ini yaitu siswa kelompok yang diamati dengan metakognisi tinggi tidak mengalami kesulitan pada semua indikator pemahaman konsep. Sedangkan siswa kelompok metakognisi sedang mengalami kesulitan pada indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan prasyarat yang membentuk konsep tersebut. Siswa masih kesulitan dalam mengelompokkan objek berdasarkan rumus bangun ruang sisi datar. Siswa kelompok metakognisi rendah mengalami kesulitan pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dan mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan prasyarat yang membentuk konsep tersebut. Siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal dengan langkah yang benar terutama dalam menyimpulkan dan menyajikan hasil akhir yang ditanyakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Keterampilan Metakognisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:56
Last Modified: 14 Dec 2021 01:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26452

Actions (login required)

View Item View Item