HUBUNGAN ANTARA REINFORCEMENT POSITIF DENGANDISIPLINBELAJARSISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 19 RABANGODU UTARA KOTA BIMA

MAYA, MARDILLA (2021) HUBUNGAN ANTARA REINFORCEMENT POSITIF DENGANDISIPLINBELAJARSISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 19 RABANGODU UTARA KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Maya Mardilla (E1E017081)_SKRIPSI Hubungan Antara Reinforcement Positif dengan Disiplin Belajar S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan pemberian reinforcement positif guru dalam bentuk verbal dan non verbal kepada siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN 19 Rabangodu Utara Kota Bima, mendeskripsikan tingkat disiplin belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN 19 Rabangodu Utara Bima, dan mengetahui hubungan antara reinforcement positif dengan disiplin belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN 19 Rabangodu Utara Bima.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 19 Rabangodu Utara Kota Bima, dengan jumlah 85 siswa. Sampel yang digunakan adalah sensus/sampling total, sehingga diperoleh 85 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Terdiri dari 2 angket yaitu angket reinforcement positif dan disiplin belajar. Pendeskripsian tingkat reinforcement positif dan disiplin belajar dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, dan pengujian hipotesis penelitian dianalisis menggunakan rumus pearson porduct moment dengan bantuan program SPSS 23 bit 64. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemberian bentuk reinforcemen positif oleh guru berada pada kategori cukup baik dengan persentase 35%; (2) Tingkat disiplin belajar siswa berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 34%; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara guru memberikan bentuk reinforcement positif dengan disiplin belajar siswa kelas V, hal ini diperoleh dari nila r-hitung 0,508 > r-tabel 0,2013 pada taraf α 5%, serta mempunyai tingkat hubungan yang sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Reinforcement Positif, Disiplin Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:34
Last Modified: 28 Dec 2021 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26755

Actions (login required)

View Item View Item