KARAKTERISTIK PASIEN MENINGIOMA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Sopyan, Assauri (2021) KARAKTERISTIK PASIEN MENINGIOMA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karakteristik Meningioma Di RSUDP NTB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Meningioma adalah tumor otak yang paling umum, berasal dari sel meningothelial yang ditemukan dilapisan arachnoid meninges. WHO (2016) mengklasifikasikan meningioma dalam 3 derajat yaitu Grade I, Grade II dan Grade III. Secara global terjadi sekitar 1,28 per 100.000 orang hingga 7,8 per 100.000 orang untuk meningioma serebral dan merupakan tumor otak yang paling umum dilaporkan ke US Central Brain Tumor Registri di Amerika Serikat ( CTBRUS ). Di Indonesia data tentang insiden meningioma setiap tahunnya belum dilaporkan. Begitu juga di Nusa Tenggara Barat belum ditemukan data penelitian yang menunjukkan jumlah insiden meningioma secara spesifik . Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan desain cross sectional yang dilakukan di RSUDP NTB melalui pendeketatan retrosfektif menggunakan data sekunder rekam medis periode 2019 – 2020. Sampel penelitian berjumlah 47 orang, dan teknik yang digunakan adalah Total Sampling . Hasil : Pasien paling banyak ditemukan pada rentang usia 40 – 49 tahun sebanyak 14 orang (46,6%) . Jenis kelamin perempuan lebih banyak yaitu 90%. Berdasarkan gejala, nyeri kepala menjadi gejala terbanyak yaitu 51,9%. Meningioma yang berlokasi di lobus frontal ditemukan lebih banyak yaitu 19 orang (63,3%). Berdasarkan gambaran histopatologisnya, paling banyak ditemukan adalah meningioma Grade I WHO yaitu 86,6%. Kesimpulan: Kejadian Meningioma di RSUDP Nusa Tenggara Barat tahun 2019 – 2020 paling banyak ditemukan pada rentang usia 40 – 49 tahun, lebih tinggi terjadi pada jenis kelamin perempuan dibandingkan laki-laki, dengan gejala yang paling umum ditemukan yaitu nyeri kepala. Lokasi tumor paling sering ditemukan pada daerah lobus frontalis dengan grade I WHO adalah diagnosis histopatologis terbanyak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Karakteristik meningioma, usia , jenis kelamin, gejala klinis, lokasi tumor, histopatologis.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Jan 2022 05:47
Last Modified: 04 Jan 2022 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26868

Actions (login required)

View Item View Item