EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTsN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ULIA, SAFITRI (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTsN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ulia Safitri (E1R016091) skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika berbasis e-learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII di MTsN 1 Mataram. Jenis penelitian yakni penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan post-test only control design. Seluruh siswa kelas VIII di MTsN 1 Mataram merupakan populasi dan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII-8 dan VIII-9 sebagai kelas eksperiemen yang tergabung dalam satu kelompok sampel dan kelas kontrol yaitu kelas VIII-6 dan VIII-7 yang juga tergabung dalam satu kelompok sampel. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran matematika berbasis e-learning dengan media video pembelajaran, pada kelas kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran matematika berbasis e-learning. Data post-test hasil belajar matematika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji-t Independen sample untuk mengetahui efektif atau tidak pembelajaran matematika berbasis e-learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pembelajaran matematika berbasis e-learning dengan media video pembelajaran efektif diterapkan pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII di MTsN 1 Mataram tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: media pembelajaran, e-learning matematika
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:57
Last Modified: 11 Jan 2022 01:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27039

Actions (login required)

View Item View Item