PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SAKRA TIMUR

Abdul, Rasyid Lutfi (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SAKRA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-ABDUL RASYID LUTFI (E1Q014001).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik, Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Research & Development (R&D). Lokasi penelitian di SMAN 1 Sakra Timur, Lombok Timur, NTB. Subjek penelitian peserta didik kelas X yang berjumlah 26 orang. Teknik analisis data mengggunakan SBi untuk mengetahui kelayakan perangkat dan N-gain untuk mengetahui kefektifan perangkat pembelajaran. Hasil validasi dari ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis problem based learning dengan skor 27.60 untuk silabus, 61.00 untuk RPP, 32.40 untuk LKPD, dan 33.60 untuk Instrumen tes termasuk kategori valid dan layak digunakan dalam penelitian. Hasil observasi guru menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning termasuk praktis dari segi keterlaksanaannya. Dan rata-rata N-Gain untuk indikator penguasaan konsep C1 sampai C6 adalah 29,73 dengan kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran fisika model problem based learning pada materi getaran harmonis valid, praktis, namun kurang efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Perangkat pembelajaran Fisika, Problem Based Learning, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:24
Last Modified: 25 Jan 2022 07:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27457

Actions (login required)

View Item View Item