Abdul, Rasyid Lutfi (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SAKRA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI-ABDUL RASYID LUTFI (E1Q014001).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik, Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Research & Development (R&D). Lokasi penelitian di SMAN 1 Sakra Timur, Lombok Timur, NTB. Subjek penelitian peserta didik kelas X yang berjumlah 26 orang. Teknik analisis data mengggunakan SBi untuk mengetahui kelayakan perangkat dan N-gain untuk mengetahui kefektifan perangkat pembelajaran. Hasil validasi dari ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis problem based learning dengan skor 27.60 untuk silabus, 61.00 untuk RPP, 32.40 untuk LKPD, dan 33.60 untuk Instrumen tes termasuk kategori valid dan layak digunakan dalam penelitian. Hasil observasi guru menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning termasuk praktis dari segi keterlaksanaannya. Dan rata-rata N-Gain untuk indikator penguasaan konsep C1 sampai C6 adalah 29,73 dengan kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran fisika model problem based learning pada materi getaran harmonis valid, praktis, namun kurang efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci : Perangkat pembelajaran Fisika, Problem Based Learning, Penguasaan Konsep. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 07:24 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 07:24 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27457 |
Actions (login required)
View Item |