PENDUgGAAN POPULASI DAN KARAKTERISTIK POHON TENGGER CELEPUK RINJANI (Otus jolandae) DI KAWASAN HUTAN KEMASYARAKATAN (HKm) AIK BERIK KPH PELANGAN TASTURA

Muhammad, Iqbal Anshori (2022) PENDUgGAAN POPULASI DAN KARAKTERISTIK POHON TENGGER CELEPUK RINJANI (Otus jolandae) DI KAWASAN HUTAN KEMASYARAKATAN (HKm) AIK BERIK KPH PELANGAN TASTURA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1L017069-Muhammad Iqbal Anshori-SKRIPSI...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui populasi dan karakteristik pohon tengger Celepuk Rinjani (Otus jolandae) di Kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm) Aik Berik. Berdasarkan IUCN (2020), Celepuk Rinjani (Otus jolandae) masuk kategori Near Threatened (Hampir terancam). Penelitian ini menggunakan metode IPA (Indeks Poin of Abudance) untuk mengetahui jumlah populasi Celepuk Rinjani (Otus jolandae) motode ini dikombinasikan dengan observasi karena penelitian dilakukan pada malam hari dan analisis vegetasi untuk mengetahui karakteristik pohon tengger Celepuk Rinjani (Otus jolandae). Hasil penelitian menunjukkan jumlah populasi Celepuk Rinjani (Otus jolandae) sebanyak 27 individu dengan kepadatan populasi sebesar 0,85 individu/Ha. Jam perjumpaan minimum pada pukul 18.45 WITA dan jam perjumpaan maksimum pada pukul 00.05 WITA. Pohon dengan penggunaan tertinggi adalah jenis Dadap (Erythrina variegate), Celepuk Rinjani (Otus jolandae) lebih sering menggunakan bagian dahan dari pohon untuk bertengger sebesar 78%, ketinggian bertengger hanya pada stratum C dengan ketinggian 4 - <20 m, diameter pohon bertengger berkisar 12-74 cm, dan luas tajuk pohon tengger berkisar 3.52m² - 6m². Hasil pengukuran kondisi fisik lingkungan diketahui suhu rata-rata pada habitat Celepuk Rinjani (Otus jolandae) berkisar antara 22.2°C - 25°C, kelembaban rata-rata berkisar antara 57.5% - 80.4%, dan intensitas cahaya berkisar antara 961lux – 3866 lux.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Celepuk Rinjani, pohon tengger, HKm Aik Berik
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:35
Last Modified: 26 Jan 2022 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27499

Actions (login required)

View Item View Item