ANALISIS PENDAPATAN DAN CURAHAN WAKTU KERJA DAN KONTRIBUSI PENDAPATAN WANITA PADA KEGIATAN PEMASARAN UBI JALAR DI DESA JENGGIK KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Rini, Riyanti (2022) ANALISIS PENDAPATAN DAN CURAHAN WAKTU KERJA DAN KONTRIBUSI PENDAPATAN WANITA PADA KEGIATAN PEMASARAN UBI JALAR DI DESA JENGGIK KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RINI RIYANTI_C1G017176-paling baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis besar pendapatan wanita pada pemasaran ubi jalar di Desa Jenggik Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur; (2) Untuk menganalisis besar curahan waktu kerja wanita dari memasarkan ubi jalar di Desa Jenggik Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur; (3) Untuk menganalisis kontribusi pendapatan wanita terhadap pendapatan rumah tangga pada pemasaran ubi jalar di Desa Jenggik Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur; (4) menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh wanita dalam melakukan kegiatan pemasaran ubi jalar di Desa Jenggik Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis biaya dan pendapatan, curahan waktu kerja, kontribusi dan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendapatan yang diperoleh wanita dalam melakukan pemasaran ubi jalar di Desa Jenggik Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur memiliki rata-rata pendapatan sebesar Rp 20.738.684/tahun, dengan rata-rata penerimaan sebesar Rp 46.341.434/tahun dan rata-rata biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 25.602.789/tahun. (2) Curahan waktu kerja yang dicurahkan wanita dalam melakukan pemasaran ubi jalar dalam seminggu memiliki rata-rata sebesar 76,63 HKO/minggu sedangkan curahan waktu kerja dalam membeli ubi jalar dari petani memiliki rata-rata sebesar 5,29 HKO/Minggu. (3) Kontribusi wanita dalam melakukan pemasaran ubi jalar di Desa Jenggik Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur dalam pendapatan rumah tangga, memiliki rata-rata kontribusi sebesar 31,32%. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi wanita dalam melakukan pemasaran ubi jalar dalam pendapatan rumah tangga tergolong kecil, karena kontribusi kurang dari 50%. (4) Adapun permasalahan-permasalahan yang dihadapi wanita dalam melakukan pemasaran ubi jalar di Desa Jenggik Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur yaitu harga jual ubi yang naik turun memiliki persentasesebesar 84,210% dimana harga jual ubi naik saat tidak sedang masa panen sebaliknya harga jual ubi jalar turun saat sedang masa panen, tempat penjualan yang kurang nyaman memiliki persentase sebesar 31,579%, dan kesulitan wanita dalam membagi waktu antara pekerjaan rumah tangga dengan kegiatan produktif memiliki persentase sebesar 42,105%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pendapatan, Curahan Waktu Kerja, Kontribusi, Wanita, Ubi Jalar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:02
Last Modified: 07 Feb 2022 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27617

Actions (login required)

View Item View Item