KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL BETON PANAS MENGGUNAKAN ASBUTON BERDASARKAN LAMA PEMERAMAN ANTARA PEMADATAN DENGAN PENGUJIAN

LALU, HAIRUL FIKRI (2022) KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL BETON PANAS MENGGUNAKAN ASBUTON BERDASARKAN LAMA PEMERAMAN ANTARA PEMADATAN DENGAN PENGUJIAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR (F1A016080).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia mempunyai sumber daya alam yang besar berupa aspal yang ada di Pulau buton yang disebut asbuton. Asbuton jarang digunakan karena asbuton memiliki kadar aspal yang bervariasi, mudah pecah dan harganya lebih mahal dibanding aspal minyak. Salah satu pengembangan asbuton adalah CPHMA. CPHMA adalah campuran aspal panas dengan asbuton yang dipadatkan secara dingin. Pemadatan secara dingin menyebabkan campuran yang dicampur panas membutuhkan ruang dan waktu pemeraman untuk mencapai suhu ruang. Dalam penelitian ini campuran asbuton panas dan dipadatkan dalam suhu panas. Sehingga tidak membutuhkan ruang untuk penyimpanan campuran. Campuran yang sudah dipadatakan, diperam dengan variasi waktu tertentu . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui waktu terbaik pemeraman setelah pemadatan terhadap karakteristik Marshall. Variasi waktu yang digunakan untuk pemeraman setelah pemadatan adalah 0 hari, 4 hari, 8 hari dan 12 hari. Kadar asbuton yang dipakai adalah 25% dan bahan peremaja 4,5%. Bahan peremaja terdiri dari aspal minyak 63%, minyak tanah 22% dan bunker oil 15%. Hasil yang diperoleh adalah lama pemeraman setelah pemadatan mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap karakteristik volumetrik dan mekanis. Waktu pemeraman terbaik setelah pemadatan yang didapatkan adalah 12 hari. Waktu pemeraman tersebut memenuhi persyaratan karakteristik volumetrik dan mekanis yang ditinjau.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Asbuton, Pemeraman, Karakteristik Marshall.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:37
Last Modified: 10 Feb 2022 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27738

Actions (login required)

View Item View Item