RANCANG BANGUN PURWARUPA ALAT PENGAMAN BRANKAS MENGGUNAKAN SENSOR SIDIK JARI DENGAN SISTEM PEMANTAUAN MELALUI KAMERA BERBASIS ARDUINO MEGA 2560

AHMAD, KHADIMULLAH (2022) RANCANG BANGUN PURWARUPA ALAT PENGAMAN BRANKAS MENGGUNAKAN SENSOR SIDIK JARI DENGAN SISTEM PEMANTAUAN MELALUI KAMERA BERBASIS ARDUINO MEGA 2560. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA , AHMAD KHADIMULLAH , F1B015002-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Perkembangan teknologi untuk sebuah sistem keamanan sangat diperlukan. Khususnya sistem keamanan terhadap penyimpanan barang dan surat-surat barharga dalam brankas. Mengingat banyaknya kasus pencurian terhadap barang berharga yang semakin meningkat. Pada umumnya brankas atau lemari pengaman yang ada sekarang kurang memiliki sistem keamanan yang baik dan penggunaan nomer kombinasi yang terkesan tidak praktis karena memerlukan waktu lama untuk menemukan kombinasi angka yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan teknologi tempat penyimpanan barang berharga yang terintegrasi. Salah satu solusi sistem brankas yang terintegrasi yaitu sistem brankas yang dikombinasikan dengan modul sidik jari dan kamera menggunakan mikrokontroler Arduino Mega 2560 sebagai pengontrolnya. Modul sidik jari sebagai verifikasi orang yang berusaha mengakses brankas sehingga hanya orang yang data nama dan sidik jarinya tersimpan dalam database yang dapat mengakses brankas. Modul kamera digunakan untuk pengambilan gambar orang yang mengakses brankas. Kamera akan berfungsi jika sidik jari tidak terdaftar dalam database. Sistem pengaman ini menggunakan kamera sebagai media untuk media monitoring pada sistem dan menjadi buzzer sebagai pemberi informasi peringatan apabila ada gangguan. Untuk dapat mengakses pintu brankas, maka penulis memanfaatkan fungsi dari sensor sidik jari dengan tipe R305 difungsikan sebagai inputan awal untuk mengaktifkan relay yang akan mengalirkan tegangan sehingga solenoid akan aktif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Arduino Mega 2560, Buzzer, Keamanan Berangkas, Modul Kamera, Sidik Jari Tipe R305
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Feb 2022 12:14
Last Modified: 12 Feb 2022 12:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27780

Actions (login required)

View Item View Item