PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VLOG TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL SISWA SMA PADA MASA PANDEMI COVID-19

VIRANDA, PUTRI KHAIRNA (2022) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VLOG TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL SISWA SMA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
REVISI SKRIPSI (Viranda Putri Khairna).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model project based learning berbantuan media vlog terhadap high order thinking skill siswa SMA pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment dengan rancangan posttest only with non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gerung yang terdiri dari tiga kelas, yaitu XIPS 1, X-IPS 2, dan X-IPS 3. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling setelah penyepadanan kelas. Sampel yang terpilih adalah kelas X-IPS 1 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-IPS 2 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk soal uraian yang telah memenuhi persyaratan instrumen penelitian. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik parametrik dengan bantuan SPSS 28.0 for windows karena memenuhi persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,023 < 0,05 dan mean kelas eksperimen (80,03) > mean kelas kontrol (60,71). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model project based learning berbantuan media vlog terhadap high order thinking skill siswa SMA pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: project based learning, high order thinking skill, vlog, pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:22
Last Modified: 19 Mar 2022 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28393

Actions (login required)

View Item View Item