TRADISI NGAYU-AYU SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI EKSPRESIF PADA MASYARAKAT DESA SEMBALUN BUMBUNG KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Baiq, Tuluk Parawansa Rahayu (2022) TRADISI NGAYU-AYU SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI EKSPRESIF PADA MASYARAKAT DESA SEMBALUN BUMBUNG KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Baiq Tuluk Parawansa Revisi skripsi FIX BANGET23mei 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Upacara “Ngayu-Ayu” merupakan salah satu upacara tradisional yang berhubungan dengan pertanian, dilaksanakan rutin setiap 3 (tiga) tahun sekali oleh masyarakat desa Sembalun Tradisi Ngayu-ayu menggunakan simbol-simbol yang memiliki makna tersendiri dalam tradisi yang dilakukan sebagai bentuk komunikasi Ekspresif masyarakat Sasak Sembalun dalam mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Namun dengan perkembangan zaman, dan ajaran agama yang masuk kehidupan masyarakat Sembalun terjadi perbedaan dan pemahaman/penafsiran terhadap budaya Ngayu-ayu. sehingga ada yang menentang dan mendukung sikap tradisionalisme, dimana berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Tradisi Ngayu-Ayu Sebagai Media Komunikasi Ekspresif Pada Masyarakat Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif.teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Ngayu-Ayu Sebagai Media Komunikasi Ekspresif dalam mengungkapkan (a) Hormat kepada leluhur/nenek moyang yang sudah mengajarkan dan mewariskan semua yang ada sekarang (lahan pertanian, pengetahuan bertani, budaya, nilai luhur); (b) penjagaan dan penghargaan terhadap alam khususnya (bumi, dan air) yang memberikan manfaat kepada manusia (c) manjaga hubungan dengan Allah, alam dan sesame manusia ( Hablumminallah yakni hubungan dengan Allah, Hablumminannas yakni hubungan dengan manusia, dan Hablumminal alam yakni hubungan dengan alam).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Tradisi Ngayu-Ayu, Media Komunikasi Ekspresif , Simbol, Sembalun Bumbung
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jun 2022 03:44
Last Modified: 02 Jun 2022 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29117

Actions (login required)

View Item View Item