ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS 1 SD NEGERI 3 DAREK

AWANISUL, HUDUNI (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS 1 SD NEGERI 3 DAREK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AWANISUL HUDUNI (E1E018019).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam membaca permulaan, menganalisis faktor-faktor yang menghambat siswa dalam membaca permulaan dan mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas 1 SD Negeri 3 Darek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 3 Darek yaitu: (1) belum bisa membaca huruf vokal, (2) belum bisa membaca huruf konsonan, (3) belum bisa membaca suku kata, (4) belum bisa membaca kata, (5) belum bisa membaca kalimat atau paragraf. Adapun faktor-faktor yang mengambat siswa dalam membaca permulaan adalah (1) faktor fisiologis, (2) minat membaca yang rendah, (3) gangguan pada daya ingat, (4) faktor lingkungan, (5) kurangnya dukungan dari keluarga. Upaya yang dilakukan oleh guru antara lain: bimbingan terhadap anak yang kurang dalam mengenali huruf dan menerapkan pendekatan Sekolah Anak Cerdas (SAC) untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan, membaca permulaan, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Jun 2022 12:15
Last Modified: 03 Jun 2022 12:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29143

Actions (login required)

View Item View Item