PERAN INFORMATION SERVICE OFFICER DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN INFORMASI KEPADA PENGGUNA JASA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID

GABRIELIA, GELFEIN (2022) PERAN INFORMATION SERVICE OFFICER DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN INFORMASI KEPADA PENGGUNA JASA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
GABRIELIA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karya Tulis Ilmiah ini berjudul “Peran Information Service Officer Dalam Memberikan Pelayanan Informasi Kepada Pengguna Jasa Di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid”, yang bertujuan untuk mengetahui standar operasional pelayanan informasi bandar udara, peran Information Service Officer dalam memberikan pelayanan informasi bandar udara, serta kendala yang ditemui Information Service Officer saat memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi/pengamatan terhadap Information Service Officer di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, wawancara dengan Information Service Officer sebagai narasumber yang memberikan informasi secara valid dan akurat serta dokumentasi sebagai pelengkap hasil observasi dan wawancara dalam bentuk tulisan dan gambar. Berdasarkan hasil pembahasan dapat diketahui bahwa standar operasional pelayanan informasi bandar udara oleh Information Service Officer telah diatur dalam Keputusan Direksi PT Angkasa Pura I Nomor: KEP.DU.40/OM.07/2021 tentang Standar Operasional Pelayanan Informasi Bandar Udara (Manual of Standar Airport Information) Pada Bandar Udara yang Dikelola PT Angkasa Pura I. Keputusan Direksi ini kemudian dijadikan dasar prosedur penyusunan instruksi kerja bagi Information Service Officer yang berperan untuk memberikan pelayanan informasi kepada pengguna jasa bandar udara, yaitu dengan memberikan informasi penerangan bandar udara, pelayanan telepon informasi, pelayanan Public Information System (PIS), pelayanan announcement manual, master data, pelayanan penggunaan check-in counter, pelayanan penggunaan conveyor belt, pelayanan penggunaan gate, serta inspeksi kesiapan dan pengawasan fasilitas penunjang pelayanan informasi. Sedangkan kendala yang sering ditemui Information Service baik itu secara teknis maupun non teknis, meliputi gangguan/kerusakan alat atau fasilitas, kurangnya jumlah petugas dan masih adanya petugas yang kurang fokus saat bertugas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Transpostasi udara, pelayanan, informasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jun 2022 12:28
Last Modified: 13 Jun 2022 12:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29325

Actions (login required)

View Item View Item