ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN AGROINDUSTRI JAJAN BANTAL DI DESA GAPUK KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Intan, Komalasari (2022) ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN AGROINDUSTRI JAJAN BANTAL DI DESA GAPUK KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_INTAN KOMALASARI_C1G018068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Usaha jajan bantal merupakan salah satu jenis usaha agroindustri rumah tangga yang masih banyak diusahakan di Desa Gapuk Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Sejauh ini usaha agroindustri yang dilakukan secara turun temurun ini belum diketahui secara pasti bagaimana biaya dan keuntungan yang diperoleh, pemasaran yang dilakukan serta faktor pendorong dan penghambat yang dihadapi dalam mengusahakan jajan bantal tersebut. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis biaya dan keuntungan usaha agroindustri jajan bantal di Desa Gapuk. (2) menganalisis kelayakan usaha agroindustri jajan bantal di Desa Gapuk. (3) menganalisis saluran dan margin pemasaran usaha agroindustri jajan bantal di Desa Gapuk. (4) mengidentifikasi faktor penghambat dan pendorong pengusahaan jajan bantal di Desa Gapuk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dilakukan di Desa Gapuk Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Penentuan responden pengusaha jajan bantal dilakukan secara sensus, ditemukan sebanyak 15 orang dan penentuan responden lembaga pemasaran dilakukan secara snowbell sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kuntitatif dan data kualitatif; bersumber dari data primer dan data sekunder. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan analisis biaya, keuntunggan, analisis kelayakan, margin pemasaran; dan tabulasi sederhana untuk menganaisis faktor pendorong dan faktor peenghambat usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Rata-rata biaya produksi pada agroindustri jajan bantal di Desa Gapuk sebesar Rp.192.316/proses atau Rp.2.884.746/bulan, penerimaan sebesar Rp.386.533/proses atau Rp.5.798.000, sehingga keuntungan diperoleh sebesar Rp. 194.217/proses.Atau Rp.2.913.254.(2) Usaha jajan bantal di Desa Gapuk layak diusahakan dengan RC ratio sebesar 2.0 (3) Saluran pemasaran jajan bantal di Desa Gapuk hanya melalui satu saluran, yaitu dari produsen ke konsumen, tanpa ada margin pemasaran, karena harga jual produsen sama dengan harga beli konsumen, (4) faktor penghambat pengusahaan jajan bantal yaitu pengetahuan teknologi komunikasi yang kurang serta daya tahan jajan bantal yang mudah rusak, sedangkan faktor pendorong pengusahaan jajan bantal yaitu bahan pembungkus yang tidak sulit didapatkan, modal yang digunakan tidak terlalu besar, alat produksi yang sederhana, tenaga kerja yang digunakan seluruhnya tenaga kerja dalam keluarga, keterampilan yang diperoleh dari turun-temurun, tempat yang strategis, transportasi, rasa yang khas serta peminat yang banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Jajan Bantal, Biaya, Keuntungan,Kelayakan, Pemasaran
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:09
Last Modified: 23 Jun 2022 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29415

Actions (login required)

View Item View Item