PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS V SDN 3 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fratiwi, Ima Indriana (2017) PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DI KELAS V SDN 3 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IMA INDRIANA FRATIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa kelas V SDN 3 Sandik Tahun Pelajaran 2016/2017. Dari 30 siswa hanya 13 siswa (43%) yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, sedangkan 17 siswa (57%) nilainya di bawah KKM. Ketuntasan klasikal mencapai 43% yang seharusnya mencapai minimal 85%. Proses pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode ceramah dan kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode active learning tipe card sort. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata siswa bisa mencapai ≤ 75 dengan ketuntasan klasikal 85%. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Sandik berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan klasikal siklus I yaitu 66,66% mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,66%. Demikian pula dengan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I yaitu memperoleh skor 58,5 dengan kategori aktif, pada siklus II menjadi 78 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan skor aktivitas guru juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I memperoleh skor 15,5 berkategori baik, pada siklus II memperoleh skor 20,5 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode active learning tipe card sort dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 3 Sandik tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Active Learning Tipe Card Sort, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:57
Last Modified: 24 Apr 2018 01:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2996

Actions (login required)

View Item View Item