PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA MADU TRIGONA DESA SALUT KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA PESERTA PROGRAM PHP2D

Akhmad, Kholil Bisri (2022) PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL PADA KELOMPOK PEMBUDIDAYA MADU TRIGONA DESA SALUT KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA PESERTA PROGRAM PHP2D. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Akhmad Kholil Bisri_L1B018006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penting bagi masyarakat untuk memiliki literasi digital dan memanfaatkannya dengan bijak, agar dapat meningkatkan kapasitas diri. Tidak terkecuali, kelompok pembudidaya lebah madu trigona Desa salut Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Anggota Kelompok Pembudidaya Madu Trigona yang ada di desa banyak yang berprofesi sebagai petani, sehingga mereka tidak terlalu memperhatikan perkembangan teknologi digital, maka hadir program pelatihan digital dari tim PHP2D Himikom Unram (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan literasi digital pada Kelompok Pembudidaya Madu Trigona Desa Salut Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Selanjutnya, uji keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Pembudidaya Madu Trigona Desa Salut Kecamatan kayangan kabupaten Lombok Utara menguasai empat kompetensi dasar literasi digital yaitu Internet Searching (pencarian di internet), Hypertextual Navigation (panduan arah hiperteks), Content Evaluation (evaluasi konten), dan Knowledge Assembly (penyusunan pengetahuan) sesuai dengan kebutuhan masing-masing, baik untuk edukasi, hiburan, dan mencari informasi lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Literasi Digital, Kelompok Pembudidaya, Peserta PHP2D
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Aug 2022 23:56
Last Modified: 07 Aug 2022 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30322

Actions (login required)

View Item View Item