PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ULASAN BUKU FIKSIMENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)SISWA KELAS XI IPS 2SMA NEGERI 4 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017

SUPRIYANTI, SUD (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ULASAN BUKU FIKSIMENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)SISWA KELAS XI IPS 2SMA NEGERI 4 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016-2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SUD SUPRIYANTI_E1C013047.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

cenderung panjang sehingga siswapun menjadi ngantuk di dalam kelas, 2) materi yang disampaikan oleh guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, 3) harus menggunakan bahasa baku yang sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan), 4) tidak boleh menggunakan singkatan dalam menulis kata maupun kalimat. Adapun tujuan dari penelitian ini, 1.tujuan umum yaitu untuk meningkatkan kemampuan menulis ulasan buku fiksi dengan menggunakan metodeSTAD(student team achievement division)siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Mataram tahun pembelajaran 2016/2017. Sedangkan 2. tujuan khusus yaitu a) untuk mendeskrpsikanproses Peningkatan Kemampuan Menulis Ulasan Buku Fiksi dengan Menggunakan Metode STAD(Student Team Achievement Division)Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Mataram Tahun Pembelajaran 2016/2017, b)Untuk mendeskripsikan hasil Peningkatan Kemampuan Menulis Ulasan Buku Fiksi dengan Menggunakan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Mataram Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masingmasing terdiri dari tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Mataram dengan jumlah siswa 37 orang, yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, penugasan, dan dokumentasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 56 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 51%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 79 dan ketuntasan belajar klasikalnya meningkat menjadi 92% terjadi peningkatan sebesar 41%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode STAD (studentteam achievement division) dapat meningkatkan kemampuan menulis ulasan buku fiksi siswa kelas XI IPS 2 SMAN 4 Mataram tahun pembelajaran 2016-2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan menulis, ulasan buku fiksi, dan metode STAD (StudentTeam Achievement Division)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:38
Last Modified: 24 Apr 2018 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item