PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

NURHADIATUN, NUFUS (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram tahun pelajaran 2021/ 2022. Jenis Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain posttest only nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram tahun pelajaran 2021/ 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran yang digunakan dan soal tes berbentuk uraian sebanyak 3 soal untuk melihat kemampuan komunikasi matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung> ttabel sehingga rata-rata hasil post test kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil post test kemampuan komunikasi matematika kelas kontrol, hal ini berarti bahwa h0 dimana ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram tahun pelajaran 2021/ 2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, Think Pair Share, kemampuan komunikasi matematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:15
Last Modified: 11 Aug 2022 23:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30526

Actions (login required)

View Item View Item