PENGARUH STRATEGI VIDEO CRITIC TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN KWANGRUNDUN PRAYA LOTENG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ROSMAWATI, ROSMAWATI (2018) PENGARUH STRATEGI VIDEO CRITIC TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN KWANGRUNDUN PRAYA LOTENG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Rosmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi video critic terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kwangrundun tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling tipe sampling jenuh. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kwangrundun dan siswa kelas V SDN Tiwu Asem, dimana kelas V SDN Kwangrundun sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Tiwu Asem sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (post-test) hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kwangrundun dengan menerapkan strategi video critic adalah 60. Sedangkan nilai rata-rata (post-test) hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tiwu Asem dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional adalah 47,85. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang menerapkan strategi pembelajaran video critic dengan hasil belajar IPS siswa yang yang tidak menerapkan strategi video critic. Data hasil belajar IPS dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung>ttabel (2,47>2,04) pada taraf kepercayaan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh strategi video critic terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kwangrundun Praya Loteng tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Video Critic, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:22
Last Modified: 25 Apr 2018 07:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3128

Actions (login required)

View Item View Item