KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 POTO TANO DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT DITINJAU DARI ASPEK STRUKTUR TEKS

DEDET SYAMBIRA, WANSAH (2022) KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 POTO TANO DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT DITINJAU DARI ASPEK STRUKTUR TEKS. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS DEDET SYAMBIRAWANSAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang siswa. Dari berbagai jenis tulisan, teks eksposisi penting untuk dipahami agar siswa mampu menyampaikan argumennya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemahaman siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Poto Tano dalam menulis teks eksposisi berbahasa Indonesia. dengan menggunakan metode campuran yakni kualitatif dan kuantitatif dengan jumlah 6 responden berdasarkan pendekatan purposive sampling. Penelitian ini menemukan bahwa Sebagian besar responden telah memahami struktur kepenulisan dalam teks eksposisi seperti tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif, penggabungan ini didasarkan pada jenis data yang diambil, cara, atau teknik pencarian, pengolahan dan penganalisisan data tersebut. Adapun data yang dijaring dalam penelitian ini adalah data deskriptif normatif. Data tersebut dikatakan deskriptif karena hanya menguraikan data yang akan dianalisis melalui deskriptif kualitatif serta analisis kuantitatif untuk memperkuat hasil analisa data kualitatif. Metode penyediaan data yang digunakan untuk memperkaya data penelitian yaitu metode simak. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa telah memahami struktur kepenulisan dan koherensi dalam menulis teks eksposisi seperti struktur tesis, argumentasi, hingga penegasan ulang pernyataan. Selain itu, seluruh siswa telah memahami Teknik kebahasaan dalam menulis teks eksposisi seperti repetisi bentuk, repetisi makna, konjungsi intra kalimat, serta konjungsi antar kalimat dan paragraf. Penelitian ini setidaknya dapat memberikan saran kepada guru untuk lebih aktif dalam memberikan penugasan dan contoh- contoh teks eksposisi agar siswa lebih mengenal struktur dalam menulis. Sedangkan kepada peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memperluas cakupan penelitian dengan menambah jumlah responden atau objek penelitian.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): pemahaman siswa, teks, teks eksposisi, metode campuran
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:41
Last Modified: 07 Sep 2022 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31543

Actions (login required)

View Item View Item