PENGARUH MODEL BLANDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 9 MATARAM

Muhammad, Ilham (2022) PENGARUH MODEL BLANDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 9 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi jilid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berkembang pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuanyang sangat terlihat pada abad 21 ini. Perkembangan tersebut juga mempengaruhi semua aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan, yang ditandai dengan adanya model blended learning. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui pengaruh model campuran terhadap motivasi belajar kewarganegaraan murid dikelas VII di SMPN 9 Mataram, 2) Untuk mengetahui motivasi siswa kelas VII belajar kewarganegaraan di SMPN 9 Mataram. SMPN 9 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif dengan desain pretest- posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Mataram yang terdiri dari 9 kelas, dan sampelnya menggunakan 1 kelas menjadi 2 kelompok berdasarkan sesi perkenalan yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan survei. Teknik surve menggunakan pretest dan posttest, analisis data dengan pre-test yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas serta uji pengaruh dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan blended learning dilaksanakan dalam sesi dan disesuaikan dengan komponen utama blended learning. Bahwa motivasi belajar di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas control yaitu nilai pengaruh eksperimen (0,383) atau 38,8 persen pengaruh blanded terhadap motivasi belajar siswa, dan didapatkan pengaruh dikelas kontrol (0,305) atau 30,5 persen pengaruh blanded terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa blended learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model blended Learning, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2022 07:42
Last Modified: 07 Sep 2022 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31575

Actions (login required)

View Item View Item